Kamis, 22 Mei 2014

Sehat Ala Rasulullah

Sehat Ala Rasulullah


Apakah sobat lebaran semua mengetahui tips-tips sehat ala Nabi Muhammad? Ternyata, puasa merupakan salah satu cara hidup sehat ala Nabi. Apalagi memasuki bulan Ramadhan, di mana setiap umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Selain tempatnya kita berlomba-lomba meraih pahala, ternyata bisa kita manfaatkan untuk meniru gaya  sehat ala Rasulullah.


Sehat Ala Rasulullah


Puasa
Puasa bisa memperbaiki proses metabolisme yang berjalan pada tubuh manusia. Dengan begitu, proses yang selama 11 bulan bisa berantakan, pada saat puasa akan diatur kembali oleh tubuh agar berjalan semestinya.

Bangun Malam
Selain berpuasa, Nabi Muhammad juga selalu bangun malam untuk menunaikan “Qiyamul Lail” atau sholat malam. Selain memiliki makna ibadah, bangun pada sepertiga akhir malam juga menyehatkan tubuh. Karena pada saat itu, oksigen yang kotor akan diganti yang bersih oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Waktu Makan
Pernah mendengar nasihat makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang? Jangan sepelekan nasihat tersebut, karena itulah salah satu tips sehat Nabi Muhammad.

Pola Makan
Untuk pola makanan, siapa sangka sebelum penelitian yang berbau modern ditemukan, ternyata Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sudah lebih dulu mencontohkan agar kita tidak mengkonsumsi 2 jenis makanan yang berlawanan. Seperti misalnya makanan yang berasal dari air, dan darat. Contoh nyatanya adalah ikan dengan susu, ikan dengan daging, ikan dengan telur, dll.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Abdullah Mahmud, mendapati fakta bahwa pola makan seperti itu akan berakibat buruk dalam jangka waktu 10-15 tahun karena konsumsi 2 jenis makanan yang berlawanan tersebut akan memicu terjadinya metabolisme dengan proses negatif.

Berjalan kaki
Meskipun sudah ada kendaraan untuk membantu kegiatatan kita,namun jangan lupakan peranan jalan kaki untuk kesehatan. Berjalan kaki bisa memperlancar peredaran darah, serta memperlancar sirkulasi oksigen.
Yuk, puasa ini kita isi dengan berlatih hidup dengan gaya sehat ala Rasulullah Shallallahu ‘Aalaihi Wasallam.

Sehat Ala Rasulullah

0 komentar:

Posting Komentar

 
©